Cek Fakta: Hoaks Kabar Drama Korea My Secret Terrius Prediksi Pandemi Virus Corona

- 6 April 2020, 21:29 WIB
POSTER drama korea My Secret Terrius yang dikabarkan telah memprediksi virus corona.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar kabar di media sosial twitter bahwa drama Korea Selatan "My Secret Terrius" telah memprediksi pandemi virus corona jenis SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 tahun 2020 ini.

"My Secret Terrius" merupakan drama Korea Selatan yang rilis pada tahun 2018 silam dan tahun ini tayangan tersebut telah tersedia di layanan streaming Netflix.

Berdasarkan penelusuran Pikiranrakyat-depok.com dari laman Snopes, klaim "My Secret Terrius" telah memprediksi COVID-19 di tahun 2020 adalah sebuah misinformasi.

Kabar terkait prediksi COVID-19 pertama kali digaungkan oleh pemilik akun Twitter @harbhajan_singh pada Maret lalu, dalam cuitannya ia mengunggah potongan film di mana sang tokoh tengah membicarakan virus corona.

Baca Juga: Detik-detik Ular Muncul di Kaca Depan Mobil Pengemudi di Tiongkok 

"Ini gila! Jika kalian sedang di rumah, tonton Netflix sekarang, ketik "My Secret Terrius" dan cari season 1, episode 10 di menit ke 53! (catatan: season ini dibuat pada tahun 2018 dan sekarang tahun 2020). Ini mengejutkan, apakah ini (COVID-19, Red) telah direncanakan?," kata dia.

Sang tokoh dalam serial drama Korea Selatan "My Secret Terrius" jelas tengah membicarakan tentang virus corona.

Bahkan, di sana dijelaskan bahwa masa inkubasi virus maksimal 14 hari, selain itu, tokoh dokter di sana menyatakan bahwa vaksin virus corona belum ditemukan.

Potongan film tersebut jelas diambil sebelum tahun 2020 di mana virus corona baru penyebab COVID-19 telah menjadi pandemi, namun virus corona memang telah ditemukan sejak dulu dan banyak jenisnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Snopes


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X