Herd Immunity Dikabarkan Diadopsi Pemerintah Indonesia untuk Tangani Corona, Simak Faktanya

- 23 Mei 2020, 13:19 WIB
WARGA memadati Pasar Terong di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 23 Mei 2020.*

PIKIRAN RAKYAT - Di jagat maya beredar kabar bahwa pemerintah Indonesia berencana menerapkan herd immunity untuk mengatasi pandemi virus corona.

Dalam narasi yang beredar, disebutkan pemerintah akan kembali membuka tempat perbelanjaan seperti mal mulai 8 Juni 2020 dan sekolah mulai 15 Juni 2020.

Akan tetapi, Jakarta Lawan Hoax melaporkan, klaim bahwa pemerintah Indonesia akan menerapkan herd immunity tidak terbukti.

Menurut Laporan Jakarta Lawan Hoax, dalam narasi yang beredar terdapat informasi dampak yang akan terjadi apabila Indonesia benar-benar menerapkan herd immunity.

Baca Juga: Pusat Perbelanjaan di DKI Jakarta Akan Kembali Dibuka 5 Juni 2020

Dapat dipastikan kabar yang beredar itu hanya opini yang dilontarkan segelintir orang dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam salah satu pemberitaan nasional, ditemukan artikel yang diunggah 13 Mei 2020 yang menjelaskan pemerintah menepis informasi tentang strategi herd immunity untuk menangani virus corona.

Isu itu ditepis oleh Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden Donny Gahral Adian.

Donny menegaskan, pemerintah tidak akan memakai strategi herd immunity atau kekebalan kelompok untuk mengatasi pandemi virus corona.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Jakarta Lawan Hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X