Beredar Kabar Bakteri Penyebab Kematian Pasien Virus Corona, Simak Faktanya

- 27 Mei 2020, 10:15 WIB
Bakteri.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar kabar tentang bakteri yang menjadi penyebab kematian pada pasien positif Virus Corona atau COVID-19 beredar di media sosial.

Kabar tersebut disebarkan akun Facebook N T S Adi pada Selasa, 26 Mei 2020.

Namun setelah ditelusuri, ternyata kabar tersebut adalah kabar berisi informasi yang salah atau hoaks.

Baca Juga: Beredar Foto Kadus Dikeroyok hingga Babak Belur Akibat Pembagian Bantuan Sembako, Simak Faktanya

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari situs resmi Kemenkominfo Rabu, 27 Mei 2020, disebutkan bahwa akun Facebook N T S Adi mengunggah narasi yang menyebut bahwa dokter di Italia telah menemukan obat penangkal Virus Corona.

Menurut klaim akun Facebook N T S Adi, COVID-19 informasi tersebut berasal dari dokter di Italia yang tidak mematuhi hukum kesehatan dunia WHO.

Faktanya, setelah ditelusuri menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci 'Italy found corona medicine'.

Baca Juga: Tepis Kabar Mamah Dedeh Meninggal, Yusuf Mansur: Beliau Ceria, Ketawa-ketawa Renyah Khasnya

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul 'Fact Check: Blood clot the main reason for Covid-19 death, claims conspiracy theory' yang ditayangkan situs indiatoday.in pada 25 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa klaim serupa juga beredar di aplikasi berkirim pesan, WhatsApp. Berdasarkan penelusuran, klaim tentang COVID-19 disebabkan oleh bakteri adalah salah.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X