PKI Dikabarkan Bangkit Kembali dan Tengah Melakukan Persiapan Latihan Perang, Simak Faktanya

- 27 Mei 2020, 15:59 WIB
NEW Peoples Army di Filipina.*

PIKIRAN RAKYAT – Beredar kabar Partai Komunis Indonesia atau PKI tengah menyusun strategi untuk kembali bangkit dengan melatih anggotanya untuk menggunakan senjata api.

Latihan tersebut dilakukan secara sembunyi-sembunyi sebagai persiapan perang di kemudian hari.

Namun setelah ditelusuri dari Hoax Crisis Center Jawa Barat melaporkan sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com, klaim tersebut merupakan informasi yang salah atau keliru.

Baca Juga: Unggah Foto Cucunya Tanpa Izin, Seorang Lansia Digugat dan Dikenai Denda oleh Anaknya Sendiri 

Kabar tersebut diunggah oleh Akun Facebook Mujahid Muslim berupa video berdurasi satu menit pada 23 Mei 2020 yang memperlihatkan sekelompok orang sedang membawa senjata api yang tidak jauh dari lokasi terlihat beberapa bendera merah berlambang palu arit. Mujahid muslim mengklaim senjata api yang mereka gunakan yakni senjata ilegal.

Unggahan video disertai narasi, “Para penjahat perang sedang latihan militer dengan senjata ilegal. Berita seperti ini tidak akan sampai ke permukaan karena ditutup rapat oleh media-media bayaran di sekeliling Anda."

Berdasarkan penelusuran video yang diunggah Mujahid Muslim, bahwa video yang sama pernah diunggah sebelumnya melalui kanal YouTube Red Army Uncle dengan judul “Blue Scholars – Burnt Offering (New Peoples Army Tribute) pada 1 April 2014 yang telah ditonton sebanyak 423.795 kali.

Baca Juga: Dituding Langgar Aturan California, Elon Musk dan Grimes Sepakat Ganti Nama Anak Mereka 

Video tersebut menginformasikan kegiatan New Peoples Army atau disingkat NPA yang mencapai hari jadinya ke-54 pada 29 Maret 2014.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X