Bendera Tiongkok Dikabarkan Dikibarkan di Indonesia karena Utang RI Menumpuk, Simak Faktanya

- 28 Mei 2020, 13:00 WIB
BENDERA Tiongkok.* /THOMAS PETER/REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Beredar sebuah artikel di media sosial Facebook yang menyatakan bahwa Tiongkok telah bertindak semena-mena terhadap Indonesia lantaran utang yang semakin menumpuk.

Narasi tersebut diunggah oleh pengguna akun Facebook Ananda Naris yang menyebut Tiongkok telah memasang bendera di wilayah Indonesia, tepatnya dalam sebuah peresmian proyek di Maluku Utara

Berdasarkan penelusuran dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, klaim dalam narasi tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Baca Juga: Pelaksanaan Rapid Test di Depok Capai 90 Persen Dari Total Target

Menurutnya, terdapat fakta yang berbeda dengan klaim narasi yang beredar dalam media sosial tersebut.

Dalam narasi yang bereda tersebut juga dijelaskan bahwa tindakan tersebut dapat diartikan bahwa Tiongkok sudah merasa tidak takut mengibarkan bendera di Indonesia di bawah Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin.

Bahkan, unggahan tersebut juga diperkuat dengan tautan artikel yang disematkan dengan judul 'Bendera China Berkibar di Maluku Utara Saat Peresmian Proyek' yang dimuat dalam salah satu pemberitaan nasional.

Baca Juga: 5 Arahan Jokowi untuk Siapkan Daerah Terapkan New Normal di Tengah Pandemi Virus Corona

Selain tautan tersebut, pemilik akun juga menuliskan narasi sebagai berikut:

"Ya gmn lgi Indonesia utang nya bnyak sama China maka nya China GK takut sama pemerintah an skrng," demikian bunyi narasi yang diunggah pengguna Facebook Ananda Naris pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Namun menurut Kominfo RI bahwa secara pasti, tautan berita yang dicantumkan dalam unggahan itu ternyata sudah ada sejak lama.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X