Presiden Tiongkok Dikabarkan Akan Kirim 250 Juta Tentara Merah ke Indonesia, Simak Faktanya

- 30 Mei 2020, 20:51 WIB
HOAKS Presiden Tiongkok Xi Jinping yang dikabarkan akan mengirimkan 25o juta tentara merah ke Indonesia.* . /Twitter/@TheOnion

PIKIRAN RAKYAT - Beredar kabar di media sosial Facebook yang menyebut Pemerintah Tiongkok akan mengirimkan 250 juta tentara merahnya ke Indonesia.

Kabar tersebut diunggah oleh akun Facebook Dew (Dwei Riwayanti) di grup GRESIK-SUMPEK dengan narasi, "Ternyata benar kata Pak Prabowo. Tahun 2023 tidak akan ada lagi Indonesia."

Setelah ditelusuri dari situs Turn Back Hoax Mafindo oleh Pikiranrakyat-depok.com, berita tersebut adalah hoaks dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

Baca Juga: Penularan Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Depok Juga Perpanjang Masa Tanggap Darurat Sampai 30 Juni 

Konten berita tersebut dimanipulasi dari judulu sebenarnya, "Peringatan Keras Xi Jinping pada Dunia, Tiongkok Siap Hadapi Perang".

Artikel tersebut dimuat dalam situs ID Today pada 27 Mei 2020 yang merupakan salinan dari artikel yang berjudul sama dan tayang di viva.co.id pada hari yang sama.

Tiongkok saat ini tengah dihadapi oleh konfrontasi dunia setelah upayanya pascakasus Covid-19 yang mereda di wilayahnya.

Pertama, upaya Tiongkok yang mengirimkan pasukan militernya ke salah satu pulau sengketa di Laut China Selatan yang berada di dekat Selat Taiwan.

Baca Juga: Layanan SIM di Polres Metro Depok dan Pasar Segar Kembali Dibuka, Tidak Ada Jam Operasional Khusus 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X