Jalan Tol Semarang-Solo Dikabarkan Terputus Akibat Longsor, Simak Faktanya

- 31 Mei 2020, 21:26 WIB
HOAKS foto terputusnya jalan Semarang-Solo akibat longsor.*

PIKIRAN RAKYAT - Beredar pesan berantai mengenai terputusnya akses jalan tol Semarang-Solo di Km 426+600 arah Jakarta yang disebarkan melalui Whatsapp Group dan media sosial lainnya.

Berdasarkan konfirmasi dari PT Jasamarga melalui Instagram resminya @official.jasamarga, bahwa informasi yang beredar adalah hoaks.

Foto yang tersebar merupakan hasil rekayasa atau editan dan tidak menggambarkan sebenarnya.

Baca Juga: Sepi Pelanggan, Airy Indonesia Pamit Akibat Pandemi Covid-19 

PT Jasamarga mengonfirmasi bahwa foto yang beredar terkait dampak longsor di Jalan Tol Semarang-Solo Km 426+600 arah Jakarta adalah hoaks karena tidak menggambarkan kondisi sebenarnya.⁣

"Longsor benar terjadi pada lokasi jalan tol tersebut pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 22.48 WIB akibat curah hujan yang tinggi. Kondisi dampak longsor yang sebenarnya dapat dilihat melalui foto udara dari petugas di lapangan yang diambil hari ini, 31 Mei 2020, pada pukul 08.20 WIB," konfirmasi PT Jasamarga melalui Instagram resminya.

Berdasarkan informasi terakhir sejak pukul 10.25 WIB pagi tadi, satu lajur di lokasi kejadian telah dapat digunakan dengan aman oleh pengguna jalan.⁣

PROSES pengangkutan material longsor di tepi jalan tol Semarang-Solo.*
PROSES pengangkutan material longsor di tepi jalan tol Semarang-Solo.*

Baca Juga: Hindari Potensi Risiko Gangguan Kesehatan, Pakar Bagikan Posisi Duduk yang Tepat Saat Jalani WFH

"Hingga saat ini PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Solo dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, serta jajaran Polres Semarang terus melakukan pembersihan longsoran di lokasi kejadian untuk memastikan keamanan pengguna jalan," tulis PT Jasamarga.

PT Jasa Marga pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pekerjaan penanganan dampak longsor ini.

Jasamarga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta untuk pengguna jalan yang menggunakan Jalan Tol Semarang-Solo agar memantau kondisi lalu lintas secara aktif dan merencanakan perjalanan.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X