Cek Fakta: Pria Ini Dikabarkan Meninggal Akibat Gunakan Masker karena Kekurangan Oksigen

- 29 Juni 2020, 07:06 WIB
ILUSTRASI mengenakan masker saat bersepeda.*

PR DEPOK - Memasuki kondisi normal baru di tengah pandemi virus corona, penggunaan masker di ruang publik menjadi kewajiban setiap masyarakat. Pasalnya, risiko penularan Covid-19 masih tinggi.

Terbaru, beredar kabar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang menyebut seorang pria meninggal dunia lantaran menggunakan masker saat bersepeda.

Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa masker menyebabkan oksigen terhalang masuk ke jantung dan paru-paru.

Baca Juga: Tenggak Hand Sanitizer, 3 Orang Tewas hingga Alami Kebutaan Permanen

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Turn Back Hoax atau yang lebih dikenal dengan Mafindo, pada 28 Juni 2020, narasi pesan yang mengklaim bahwa pria tersebut meninggal akibat menggunakan masker dan kekurangan oksigen adalah informasi salah.

Adapun narasi lengkap, hoaks yang beredar luas di pesan berantai tersebut:

Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Korban gowes pake masker tadi pagi di belakang citra grand. A.n kol.laut(T) DIDIK HARI PRASETYO. Semoga amal ibadahnya diterima Allah swt. NOTE :Mengingatjan rekan2 klo bersepeda jgn pake masker sebab jantung perlu oksigen yg banyak. Dengan pake masker terhalang oksigen masuk ke jantung dan paru2," demikian narasi tersebut.

Baca Juga: Cek Fakta: Konglomerat Dikabarkan Manfaatkan 80 Persen Anggaran Covid-19 dari Rp 677,2 Triliun

Faktanya, pria tersebut meninggal lantaran punya riwayat penyakit lain, bukan meninggal karena menggunakan masker saat bersepeda.

Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantory mengatakan, pria yang diketahui bernama Didik Hari Prasetyo meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Mafindo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X