Cek Fakta: Anies Baswedan Dikabarkan Sebut Solusi Banjir Adalah Tunggu Musim Kemarau

- 30 Juni 2020, 07:04 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau lalu lintas pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Bogor, Senin 15 Juni 2020, pagi.*/Amir Faisol/PR

PR DEPOK - Beredar kabar di platform media sosial Facebook yang menyebut bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan solusi banjir saat ini adalah dengan menunggu musim kemarau.

Kabar itu diunggah oleh pemilik akun Facebook Shadan atau @sha.dan.54943 pada 1 Maret 2020, berupa foto Anies Baswedan disertai dengan narasi yang berbunyi, 'SOLUSI BANJIR ITU MUDAH TINGGAL TUNGGU MUSIM KEMARAU,

Namun, setelah ditelusuri lebih jauh soal klaim tersebut adalah informasi salah atau keliru.

Baca Juga: Berantas Narkoba, Pemkot Depok Siap Koordinasi dengan BNN Realisasikan Program P4GN

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari akun Instagram Hoax Crisis Center Jawa Barat pada Senin, 29 Juni 2020 terdapat keterangan dan fakta sebenarnya.

Faktanya, ketika mencari tulisan yang sama seperti diklaim oleh akun Facebook Shadan pada mesin pencari Google, tidak ditemukan berita atau artikel dari media daring.

Selain itu, foto Gubernur Anies Baswedan yang diunggah oleh akun Facebook Shadan merupakan karya Jurnalis salah satu media online di Indonesia.

Baca Juga: 12 Wisatawan Palsukan Dokumen Rapid Test demi Bisa ke Pantai Pangandaran

Foto tersebut menjadi sampul pada artikel berjudul 'Anies: Anggaran Lem Aibon Diramaikan tapi DKI Provinsi Bebas Korupsi' yang ditayangkan pada Selasa, 10 Desember 2019.

Dalam artikel tersebut tidak ada pernyataan Gubernur Anies yang mengatakan seperti pada sumber klaim.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X