Cek Fakta: Perawat Pasien Covid-19 Dikabarkan Diperkosa hingga Dibunuh

- 30 Juni 2020, 13:04 WIB
Tangkapan layar dari video yang beredar di kanal YouTube yang mengklaim perawat pasien Covid-19 telah diperkosa dan dibunuh AFP

PR DEPOK - Beredar video di sejumlah platform media sosial yang memperlihatkan aksi pelecehan seksual oleh seorang pria terhadap wanita.

Video itu disertai dengan narasi berbahasa Tagalog. Jika diterjemahkan narasi tersebut menyebut meskipun pandemi, seorang pria tetap memperkosa dan membunuh korban.

Selain itu, narasi lain dengan video yang sama yang diunggah di salah satu kanal YouTube mengklaim wanita yang menjadi korban itu merupakan seorang perawat pasien virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: 34 Tahun Disimpan, Dokumen Rahasia Chernobyl Dirilis Akhirnya Dirilis untuk Pertama Kalinya

Namun, setelah ditelusuri klaim tersebut merupakan informasi salah atau keliru.

Dikutip oleh Pikiranrakyat-depok.com dari laman AFP pada Selasa, 30 Juni 2020 terdapat keterangan dan fakta sebenarnya untuk meluruskan informasi hoaks yang beredar tersebut.

Faktanya, setelah dilakukan pencarian gambar terbalik di Yandex menggunakan video keyframes yang diekstraksi dengan InVID-WeVerify sebuah alat verifikasi online, ternyata rekaman video itu diambil dari video kampanye salah satu organisasi.

Baca Juga: William Wongso Berikan Ilmu Rendang ke Gordon Ramsay Jadi Perbedatan Warganet

Organisasi tersebut sengaja membuat video itu untuk memberikan kesadaran pada masyarakat dalam melawan kekerasan pelecehan seksual terhadap perempuan di India.

Video yang asli berdurasi 4 menit 12 detik, bukan 8 detik seperti yang diunggah pada sumber klaim.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: AFP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X