Cek Fakta: Benarkah Ahok Gantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN?

- 2 Juli 2020, 12:28 WIB
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. /jeda.id

PR DEPOK - Seiring adanya video rapat yang disebarkan oleh Sekretariat Presiden pada Minggu, 28 Juni 2020 kini beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa ada perombakan pada menteri Kabinet Indonesia Maju.

Namun, menurut hasil penelusuran informasi itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Kata 'reshuffle' yang diucapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam video rapat internal kabinet itu menjadi bahan perbincangan oleh warganet di media sosial.

Baca Juga: RI Resmi Naik Status Jadi Negara Berpendapatan Menengah Ke Atas, Kemenkeu: Ini Buah Kerja Keras

Berselang tiga hari setelah publikasi video itu, seorang pengguna Facebook mengunggah narasi terkait pergantian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyebutkan nama menteri yang diganti dan menteri yang menggantikannya.

Dalam narasinya, pemilik akun itu menyebutkan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau yang sebelumnya sering disapa sebagai Ahok, akan menggantikan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

loading...

Hingga Rabu, 1 Juli 2020 narasi tersebut telah direspon 60 pengguna lain Facebook dan mendapatkan 10 komentar.

Baca Juga: Waspadai Pandemi Flu Babi G4, Kementan Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Hewan

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara, Presiden Joko Widodo sebagai kepala pemerintahan yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan siapa saja menteri dalam kabinetnya tidak mengeluarkan pengumuman resmi terkait perombakan posisi menteri Kabinet Indonesia Maju.

Jabatan Menteri BUMN masih secara resmi diemban oleh Erick Thohir. Demikian pula, tidak ada pernyataan resmi dari Sekretariat Presiden terkait perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju, hingga Rabu, 1 Juli 2020.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X