Cek Fakta: Ma'ruf Amin Dikabarkan Dihipnotis Uya Kuya untuk Uji Pengetahuan Soal RUU HIP

- 2 Juli 2020, 19:45 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin //YouTube/Wakil Presiden RI

PR DEPOK - Beredar foto di media sosial Facebook yang menampilkan sosok Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang tengah dihipnotis oleh pesulap dan publik figur Uya Kuya. Unggahan tersebut dikatakan untuk menguji Ma'ruf Amin apakah tahu perihal RUU HIP.

Foto klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Putra Inka pada Kamis, 2 Juli 2020. Bersamaan dengan foto itu, akun pengklaim itu memberikan narasi sebagai berikut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaporkan, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com, bahwa klaim yang diunggah akun Facebook Putra Inka adalah hoaks.

Baca Juga: Kasus Baru Kembali Muncul, Menkes Selandia Baru Mundur dari Jabatannya 

"Uya Kuya: Saya Coba Akan Menghipnotis Untuk Menguji Kejujuran Pak Ma'ruf Amin Apakah Beliau Tau Tentang RUU HIP Yang Ngotot Diusulkan PARTAI BANTENG Yang Ingin Mengganti PANCILA Dan Menyetujui Tentang RUU HIP itu? Jawabannya Cukup Kalian Yang Bisa Menilai," tulis narasi yang beredar.

loading...

Fakta sebenarnya adalah foto yang diunggah akun Facebook Putra Inka merupakan hasil suntingan dari dua foto yang berbeda.

Foto Uya Kuya yang tengah merangkul Ma'ruf Amin faktanya berasal dari hasil tangkapan layar video di kanal Youtube 'Ini Talk Show' dengan judul 'Dihipnotis Uya Kuya, Ternyata Sule Cari Sensasi Biar Trending' yang diunggah pada 24 Oktober 2019.

Kemudian foto Ma'ruf Amin dalam unggahan tersebut ditemukan persis pada artikel di salah satu media daring di Indonesia dengan judul 'Wapres Ma'ruf Amin Ungkap 2 Alasan Pemerintah Batal Berangkatkan Haji 2020' yang dimuat pada 8 Juni 2020.

Baca Juga: Kasus Baru Kembali Muncul, Menkes Selandia Baru Mundur dari Jabatannya 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X