Cek Fakta: Jokowi dan Megawati Dikabarkan Marah Besar karena Bocornya Usulan PDIP Soal RUU HIP

- 4 Juli 2020, 07:00 WIB
SEKJEN Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di Jakarta. PDI Perjuangan menargetkan menang di 50% Pilkada.* /ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA/

PR DEPOK - Beredar unggahan di media sosial berisi sebuah video yang membahas mengenai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai pengusung Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Video berdurasi 10 menit itu disertai narasi yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri naik pitam lantaran Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto membeberkan pernyataan RUU HIP merupakan usulan dari PDIP.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melaporkan, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com pada Jumat 3 Juli 2020, bahwa klaim yang diunggah akun Facebook Berita Viral adalah salah.

Baca Juga: Jalan Tol Desari Resmi Dioperasikan Hari Ini, Dua Minggu Pertama Akan Digratiskan 

Video itu diunggah oleh akun Facebook Berita Viral pada Selasa, 30 Juni 2020 pukul 21.51 WIB. Bersamaan dengan video itu, akun Facebook Berita Viral menuliskan narasi sebagai berikut.

loading...

"HAYO LO JOKOWI & MEGAWATI NAIK PITAM! Ternyata HASTO yang BONGKAR Sebut RUU HIP DIUSULKAN PDIP," tulis narasi yang beredar.

Faktanya adalah konten narasi yang diunggah tersebut berasal dari sejumlah pemberitaan media di Indonesia seperti pada artikel berjudul 'Demokrat Sebut Fraksi PDIP Inisiator RUU HIP' yang dimuat pada 26 Juni 2020.

Selanjutnya pemberitaan dengan judul 'Wakil Ketua MPR: RUU HIP Usulan Fraksi PDIP' yang dimuat pada 26 Juni 2020 dan terakhir pemberitaan dengan judul 'Ternyata Trisila dan Ekasila di RUU HIP Ada di Visi dan Misi PDIP' yang tayang pada 24 Juni 2020.

Baca Juga: Lowongan Pekerjaan LPP Agro Nusantara Sampai 7 Juli 2020, Penempatan di Yogyakarta 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X