Cek Fakta: Dikabarkan Xi Jinping Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi karena Telah Mengurangi Pengangguran

- 9 Juli 2020, 14:32 WIB
Joko Widodo berjabat tangan dengan Xi Jinping dalam pertemuan negara anggota G20 di Hangzhou pada 4 September 2016. /AFP/

PR DEPOK - Beredar unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan foto Presiden Tiongkok Xi Jinping yang dinarasikan mengucapkan terima kasih kepada pendukung Joko Widodo (Jokowi) karena terpilih lagi sebagai presiden dan akan membuat tingkat pengangguran di Tiongkok berkurang.

Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Takeda Hitochi pada Senin, 6 Juli 2020 pukul 18.39 WIB.

Bersamaan dengan foto tersebut pengklaim menuliskan narasi sebagai berikut.

Baca Juga: Menderita Puluhan Tahun, Seorang Wanita Dipaksa Menjadi Budak hingga Tak Diizinkan ke Toilet

"Berhubung wakil presiden kita sudah tua, untuk menjamin negara ini lebih maju, mari kita dukung ahok menggantikan mak ruf amin. Karen kerja pak jokowi kita sangat berat," tulis narasi tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di situs resminya sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com Kamis, 9 Juli 2020 bahwa klaim yang diunggah akun Facebook Takeda Hitochi adalah salah.

loading...

Faktanya memang benar Xi Jinping mengucapkan terima kasih kepada Indonesia, namun ucapan tersebut bukan seperti yang diklaim melainkan ucapan terima kasih karena RI telah membantu serta mendukung dalam memerangi pandemi virus corona di Wuhan.

Baca Juga: Jelang Grand Prix Styria, Mercedes Masih Dihantui Masalah Sensor Girboks

Ucapan tersebut disampaikan Xi Jinping melalui sambungan telepon itu sebelumnya telah dimuat pada surat kabar resmi Partai Komunis Tiongkok, People's Daily pada 12 Februari 2020.

Sementara mengenai foto yang digunakan akun Facebook Takeda Hitochi tersebut sebelumnya sempat dimuat di salah satu media luar yaitu The Guardian dalam artikel yang berjudul 'Xi Jinping vows to fight 'tigers' and 'flies' in anti-corruption drive' yang dimuat pada 22 Januari 2013.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X