Cek Fakta: Israel Disebut Ancam Indonesia Akan seperti Palestina Jika Warga RI Masih Ikut Campur

- 29 Juli 2020, 21:40 WIB
ILUSTRASI Tentara Israel melakukan penyerangan terhadap bilik tes Covid-19 milik Palestina. /Rizki Saputra//PIXABAY

PR DEPOK - Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa Presiden Israel mengancam Indonesia agar tidak ikut campur dalam urusan negaranya dengan Palestina.

Informasi yang berbentuk tangkapan layar itu berupa artikel pada situs Tirastimes berjudul "Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina".

Namun dilansir Pikiranrakyat-Depok.com dari situs pengecek fakta Jabar Saber Hoax, dari hasil penelusuran, klaim bahwa Israel mengancam akan membuat Indonesia seperti Palestina adalah klaim yang salah.

Baca Juga: Bukan Hanya Klaster Perkantoran, Pakar: 9 Klaster Baru dari Tempat Peribadatan di DKI Jakarta 

Diketahui bahwa informasi tersebut diunggah oleh salah satu pemilik akun Facebook bernama Muhammad Rehvall pada 19 Juli 2020. Pasalnya, artikel pada situs Tirastimes itu dimuat tiga tahun yang lalu, 20 Desember 2017.

loading...

Artikel itu menyebut, ancaman Rivlin dilontarkan karena situs-situs mereka dibombardir oleh para peretas yang mayoritas berasal dari Indonesia sehingga Rivlin meminta warga Indonesia untuk tidak mencampuri urusan Israel, khususnya para hacker tanah air untuk tidak menyerang situs-situs Israel. Jika permintaan itu tidak diindahkan, Israel bakal menyerang Indonesia, sama seperti Palestina.

Selain itu, dari hasil penelusuran pemberitaan pada media arus utama dengan memasukkan kata kunci "Presiden Israel ancam Indonesia" di mesin perambah Google. Hasilnya, tidak ditemukan berita terkait ancaman dari Rivlin itu di media arus utama.

Baca Juga: Minta Tindak Tegas Pembakar Poster Habib Rizieq, PKS: Kami Tidak Ingin Polri Dipandang Berat Sebelah 

Narasi serupa justru ditemukan dalam video di kanal YouTube Gangpro Gaming pada 19 Juli 2020 yang berjudul “Presiden Israel: Bila Hacker Indonesia Terus Ikut campur, Kami Buat Indonesia Seperti Palestina!”.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: JABAR SABER HOAKS


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X