Cek Fakta: Amien Rais Disebut Jadi Gelandangan Politik Usai Dipecat dari PAN

- 30 Juli 2020, 10:11 WIB
Amien Rais (tengah) yang tengah menunjukkan buku berjudul Jokowi People Power saat jeda pemeriksaan untuk Salat Jumat di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019. Kini, Amien Rais telah dipecat dari Partai Amanat Nasional (PAN). /Antara

PR DEPOK - Salah satu pengguna akun Facebook bernama Ridwan Yusuf mengunggah foto wajah Amien Rais yang diklaim kini telah menjadi gelandangan politik usai dipecat dari Partai Amanat Nasional (PAN), partai yang ia dirikan.

Pemilik akun Facebook itu menambahkan foto itu dengan narasi, “Setelah dipecat PAN, dia benar-benar jadi gelandangan politik, beginilah kalau orang selalu menghina simbol negara.”

Namun dilansir Pikiranrakyat-Depok.com dari situs pengecek fakta Turn Back Hoax Mafindo, konten yang dibagikan oleh akun Ridwan Yusuf itu merupakan hasil suntingan dari foto Paman Loke atau Uncle Loke yang merupakan sosok pria tua asal malaysia.

Baca Juga: Seperti Mimpi, 1.000 Jemaah Haji Jalani Ritual Tawaf dan Sai dengan Social Distancing 

Unggahan hoaks yang menyebut Amien Rais menjadi gelandangan politik setelah dipecat dari PAN.
Unggahan hoaks yang menyebut Amien Rais menjadi gelandangan politik setelah dipecat dari PAN. Turn Back Hoax

loading...

Oleh sebab itu, klaim bahwa Amien Rais kini menjadi gelandangan politik adalah klaim yang salah dan konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

Dijelaskan bahwa foto tersebut hasil suntingan dari sosok pria buta yang dikenal dengan nama Uncle Loke atau Paman Loke.

Sosok pria asal Malaysia tersebut sempat dibahas di sejumlah media Malaysia pada tahun 2016 lantaran kegigihannya tidak menyerah atas keterbatasan fisiknya.

Ia diketahui memilih berjualan majalah ketimbang mengemis di jalan. Media Malaysia membahas Paman Loke lantaran unggahan seorang perempuan Malaysia bernama Sherena Lee di akun media sosialnya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: World Of Buzz, Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Conte Incar Smalling

14 Agustus 2020, 21:45 WIB
X