Cek Fakta: Disebut 'Otak Kosong', Gibran Rakabuming Dikabarkan Tantang Rocky Gerung Debat Terbuka

- 4 Agustus 2020, 20:10 WIB
Foto kolase yang diunggah akun Facebook Haidir Belitong dengan narasi Gibran Rakabuming tantang Rocky Gerung debat terbuka. /Turn Back Hoax

PR DEPOK - Tersiar kabar yang mengklaim bahwa Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menantang pengamat politik Rocky Gerung untuk debat terbuka di TV One setelah sempat disebut 'otak kosong'.

Informasi ini beredar di media sosial Facebook. Akun bernama Haidir Belitong mengunggah gambar kolase yang menyandingkan foto Gibran Rakabuming dengan foto Rocky Gerung.

Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah hoaks atau masuk dalam kategori konten salah.

Baca Juga: Dukun Cabul Bermodus 'Terapi' di Situbondo, Sengaja Masukan Telur Ayam Ke Miss V Korban 

Dalam foto itu terdapat narasi bahwa Gibran Rakabuming menantang pengamat politik dan juga akademisi, Rocky Gerung untuk debat terbuka di stasiun TV One.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs Turn Back Hoax, Selasa, 4 Agustus 2020, dilansir dari medcom.id, klaim bahwa Gibran Rakabuming menantang debat terbuka Rocky Gerung adalah salah.

Faktanya foto Gibran yang dijadikan kolase itu adalah foto yang diambil saat pertemuan antara Gibran Rakabuming dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Istana Negara.

Foto Gibran dalam unggahan tersebut nyatanya ditemukan dalam artikel liputan6.com yang berjudul “Kata Pakar tentang Bahasa Tubuh Gibran Saat Bertemu AHY” yang tayang pada 11 agustus 2017.

Baca Juga: Tidak Terima Disebut Bohong, Hadi Pranoto Berjanji Tuntut Balik dan Minta Ganti Rugi Rp145 Triliun 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X