Fakta atau Hoaks: Radiasi Ponsel Dikabarkan Berdampak Pengecilan Otak pada Anak

- 6 Agustus 2020, 18:04 WIB
Tangkapan layar unggahan akun Facebook, Inur Inur Switiy, yang mengklaim bahwa radiasi ponsel bisa menyebakan pengecilan otak pada anak-anak. /Turn Back Hoax

PR DEPOK - Tersiar kabar yang mengklaim bahwa efek radiasi ponsel bisa menyebabkan pengecilan otak pada anak-anak.

Klaim tersebut beredar di media sosial Facebook. Akun bernama Inur Inur Switiy menunggah foto dengan narasi sebagai berikut.

"Bagi yang punya anak, putra putrinya harus diawasi yang suka main HP. Ini anak temen saya habis dioperasi pengecilan otak gara-gara kena radiasi sinar HP. Mohon dibagikan ya, sampai sekarang anakya belum sadar…aamiinkan sejenak semoga anak ini cepat sadar Aamiin…Bagikan agar ibu bapak awasin anak2!!," tulis narasi yang beredar.

Baca Juga: Modus Penyelundupan Narkoba Baru, Kucing di Sri Lanka Berhasil Lolos dari Penjara Tingkat Tinggi 

Setelah ditelusuri, ternyata informasi tersebut adalah hoaks atau masuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

Dinukil Pikiranrakyat-depok.com dari situs Turn Back Hoax, Kamis, 6 Agustus 2020, Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Saraf Anak, Prof. Dr. Hardiono Pusponegoro, Sp.A(K) menyebut bahwa radiasi ponsel dapat mengakibatkan pengecilan otak pada anak-anak adalah tidak benar.

“Radiasi HP mengakibatkan pengecilan otak itu tidak benar. Jadi diagnosa ini salah,” kata Hardiono kepada Liputan6.com pada Selasa, 4 Agustus 2020.

Menurut Hardiono, hingga kini tidak ada laporan dan kasus mengenai otak anak menjadi kecil karena radiasi dari ponsel pintar.

Baca Juga: Beri Ketenangan, Pelukan Ibu Faktanya Pengaruhi Perkembangan Psikis si Buah Hati 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X