Cek Fakta: PSBB Total di Jakarta Disebut Bagian dari Instruksi KAMI untuk Gulingkan Presiden Jokowi

- 15 September 2020, 18:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali menetapkan PSBB Total di wilayah DKI Jakarta mulai hari ini Senin, 14 September 2020. /#akun twitter Anies Baswedan/

PR DEPOK - Beredar kabar di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total jilid II yang diterapkan Gubernur Anies Baswedan adalah skenario yang diinstruksikan dari Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) untuk menggulingkan Joko Widodo (Jokowi) dari Presiden RI.

Kabar itu dibagikan oleh akun Facebook Anna Belova dan diunggah oleh akun Facebook Sidik Purnama dengan menampilkan gambar hasil tangkapan layar.

Dalam unggahan akun Facebook Anna Belova, ia menuliskan narasi sebagai berikut.

Baca Juga: Bukan PSBB, Kebijakan Ini yang Akan Ditempuh Pemkot Bandung Jika Kasus Covid-19 Tak Terkendali

"Anies dapat instruksi dari 'KAMI' agar lakukan PSBB total beberapa bulan dengan tujuan agar perekonomian Jakarta lumpuh, sehingga Indonesia mengalami resesi pada Oktober 2020."

"Bila itu terjadi, maka KAMI dan antek kadrun lainnya akan push provokasi kepada rakyat tentang Jokowi harus mundur karena gagal selamatkan rakyat. Ada misi jahat sedang dijalankan oleh Wan Abut, kadrun, dan KAMI bin Gatot Cendana."

Setelah ditelusuri lebih jauh, klaim yang menyebutkan PSBB Total jilid II yang dilakukan Anies Baswedan merupakan instruksi dari KAMI adalah tidak benar alias hoaks.

Turn Back Hoax di situs resminya, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com, Selasa 15 September 2020, memberikan fakta sebenarnya dari klaim akun Facebook Anna Belova tersebut.

Baca Juga: Segera Cek Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 8 di Prakerja.go.id, Berikut Langkah-langkahnya!

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X