Simak! Ini 4 Penyebab BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tidak Cair Ke Rekening, Berikut Solusinya

- 20 April 2021, 16:03 WIB
Simak! Ini 4 Penyebab BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tidak Cair Ke Rekening, Berikut Solusinya.*
Simak! Ini 4 Penyebab BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tidak Cair Ke Rekening, Berikut Solusinya.* / /ANTARA/Rahmadp

PR DEPOK – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) kembali memberikan BLT UMKM tahun 2021 sebesar Rp1,2 juta. Namun, beberapa pelaku UMKM tidak dapat menerima pencairan BPUM 2021. Berikut adalah 4 penyebab dan solusi agar BLT UMKM Rp 1,2 Juta cair ke rekening.

Bantuan BLT UMKM Rp1,2 Juta ini diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak pandemi. Pemerintah lewat Kementerian Koperasi dan UKM memberikan kuota kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro yang akan diberi bantuan melalui tahun 2021 dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp15,36 triliun.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten masduki mengatakan penambahan penerima BLT UMKM tersebut dikarenakan saat ini masih banyak pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan BPUM sebagai bantuan untuk mengembangkan usahanya di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Bursa Saham-saham Global Alami Kontraksi, IHSG Melemah Turut Jadi Korban

"Memang ini kami usulkan di awal untuk 24 juta penerima, tapi budget yang disediakan budget tahun lalu. Presiden arahkan pada kami bantuan sebesar Rp1,2 juta. Jadi harapan saya 12,8 juta penerima itu tahap pertama, kami akan usulkan kembali 12 juta berikutnya, karena masih banyak yang belum menerima," kata Teten.

Untuk mendaftarkan usaha Anda, caranya cukup mudah, hanya tinggal mendatangi Dinas Koperasi Kabupaten/ Kota tempat Anda tinggal atau melalui link https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/ dengan melampirkan bukti memiliki usaha mikro dari pengusul.

Sementara itu, pelaku UMKM yang akan mendaftar program Banpres BLT UMKM Rp1,2 juta, harus memenuhi persyaratan berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah bagi pelaku Usaha Mikro, sebagai berikut:

Baca Juga: Menakjubkan! Arab Saudi Akan Bangun Kota Masa Depan Canggih Secara Linier Sepanjang 170 km

- Warga Negara Indonesia

Halaman:

Editor: Muhamad Gilang Priyatna

Sumber: Kemenkop UKM


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X