Cek! Ini Cara Daftar Bansos PKH dari Kemensos yang Cair untuk 10 Juta Penerima pada Juli 2021

- 10 Juni 2021, 13:52 WIB
Ilustrasi bantuan sosial.
Ilustrasi bantuan sosial. /ANTARA

PR DEPOK – Berikut cara daftar dan cek penerima bansos PKH atau Program Keluarga Harapan yang kembali diberikan secara bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Juli 2021 mendatang.

Pemerintah melalui APBN 2021 telah menyiapkan total anggaran sebesar Rp110 triliun untuk tiga jenis bantuan yakni program sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar domisili.

Baca Juga: Jemaah Batal Diberangkatkan, Berikut Prosedur Lengkap Cara Pengembalian Setoran Dana Pelunasan Biaya Haji 2021

Terkait pencairan tiga jenis bansos ini, Kemensos terus melakukan verifikasi dan validasi data keluarga penerima manfaat bantuan sosial (bansos) agar lebih tepat sasaran.

Jika dirinci, maka target penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bansos sembako adalah sebanyak 18,8 juta, sedangkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta KK.

“BPNT menargetkan 18,8 juta dan PKH 10 juta yang diharapkan 60 persen dari desil (tingkat wilayah kemiskinan) 6 agar ada efektifitas data serta ketepatan sasaran,” ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Baca Juga: Akui Khawatir Pasal Penghinaan RKUHP Benar-benar Dihidupkan, Rocky: Wah Habis Saya Digugat Semua Anggota DPR

Asep juga mengatakan bila hasil verifikasi dan validasi data dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), data-data valid ini akan membuat penyaluran bansos menjadi lebih tepat sasaran dan mempercepat upaya pemerintah mendorong kemandirian ekonomi.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA Indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x