Cara Daftar DTKS Kemensos 2021 untuk Dapat KIP Kuliah, PKH, BPNT

- 24 Juni 2021, 14:40 WIB
Tampilan DTKS Kemensos.
Tampilan DTKS Kemensos. /Dok. Setkab.

PR DEPOK – Pemerintah masih terus menyalurkan sejumlah bantuan pada tahun 2021, di antaranya bansos program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), hingga Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Melalui bansos PKH, keluarga penerima manfaat (KPM) akan diberikan bantuan sesuai dengan kondisi KPM.

Besaran bantuan bansos PKH yakni, ibu hamil/nifas Rp3 juta/tahun, anak usia dini 0-6 tahun Rp3 juta/tahun, penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta/tahun, dan lanjut usia Rp2,4 juta/tahun.

Baca Juga: Bansos Kemensos Kapan Cair? Cek Daftar Penerima BLT, BST, PKH, BPNT di cekbansos.kemensos.go.id

Selain itu, pendidikan anak SD/Sederajat Rp900.000/tahun, pendidikan anak SMP/Sederajat Rp1,5 juta/tahun, dan pendidikan anak SMA/Sederajat Rp2 juta/tahun.

Untuk BPNT, masyarakat penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2,4 juta/tahun, yang diberikan secara bertahap per bulan sebesar Rp200.000.

Sedangkan untuk KIP Kuliah 2021, penerima akan diberikan bantuan biaya studi kuliah sebesar Rp2,4 juta per semester, yang akan disalurkan langsung ke perguruan tinggi.

Selain itu, penerima juga akan memperoleh bantuan biaya hidup selama kuliah sebesar Rp700.000 per bulan, yang akan disalurkan setiap semester. Sehingga per semesternya, penerima akan diberikan bantuan total sebesar Rp4,2 juta.

Baca Juga: Bansos Kemensos Kapan Cair? Cek Daftar Penerima BLT, BST, PKH, BPNT di cekbansos.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma

Sumber: PMJ News, ANTARA, pusdatin.kemensos.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X