Sudah Disalurkan Rp5,9 Triliun, Kemendesa PDTT Percepat Penyaluran BLT Dana Desa di Masa PPKM Darurat

- 17 Juli 2021, 15:21 WIB
Ilustrasi - BLT Dana Desa dari Kemendesa PDTT.
Ilustrasi - BLT Dana Desa dari Kemendesa PDTT. /ANTARA./

PR DEPOK – Bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa sudah mulai disalurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara, BLT Dana Desa sudah tersalurkan mencapai Rp5,9 triliun hingga 15 Juli 2021.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, pihaknya akan mempercepat proses penyaluran BLT Dana Desa di masa PPKM Darurat ini.

Baca Juga: Kasihani Penjual Kopi Dipenjara Usai Langgar PPKM Darurat, dr Tirta: Dia Tidak Membunuh Apalagi Dagang Narkoba

Percepatan tersebut dilakukan dengan cara mengirimkan surat resmi kepada Kepala Desa melalui Bupati agar terus melakukan pendataan yang kemudian dibawa ke Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) guna penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Oleh karena itu, menteri yang akrab disapa Gus Halim tersebut, meminta kepala desa untuk memantau kondisi warga desa di masa PPKM Darurat untuk segera melakukan pendataan.

Mengenai pengawasan penyaluran BLT Dana Desa, Gus Halim menjelaskan, yakni dimulai dengan pendataan di tingkat RT yang dilakukan oleh tiga orang Relawan Desa Lawan Covid-19 yang selanjutkan dibawa ke musyawarah desa khusus (Musdesus) untuk penetapan KPM.

Baca Juga: Jokowi Kecewa Menteri ke LN Saat Kasus Covid-19 Naik, Diky Chandra: Apa Gak Izin atau Hanya Drama Korengan?

Hasilnya kemudian diumumkan di ruang publik hingga bisa dilakukan oleh pengawasan oleh seluruh warga desa.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x