Menperin Klaim Virus Korona Tidak Berikan Dampak Terhadap Aktivitas Ekspor Ke Tiongkok

- 28 Januari 2020, 16:13 WIB
MENTERI Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.*
MENTERI Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.* /Instagram @agusgumiwang/

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perindustrian Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa aktivitas ekspor produk industri dari Indonesia ke Tiongkok tidak terkena dampak dari adanya wabah novel corona virus.

Dikutip oleh Pikiran-Rakyat.com dari Antara, Menperin mengatakan bahwa belum adanya dampak signifikan terhadap aktivitas ekspor ke Tiongkok meski mereka mengalami pelemahan ekonomi.

"Saya kira belum ada dampak terhadap corona ini. Memang ada yang mengkhawatirkan ekonomi di Tiongkok sendiri secara signifikan melemah akibat virus corona ini. Itu yang harus kita lihat perkembangannya," ujar Agus.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Wabah Virus Corona, Dinkes Depok Terbitkan Surat Edaran

Meski demikian, Menperin menyebut Indonesia akan tetap mewaspadai kondisi yang ada karena pihak otoritas Tiongkok sendiri belum dapat memastikan lamanya masa inkubasi terhadap virus ini.

Menperin juga menuturkan bahwa Indonesia perlu melakukan antisipasi terhadap bahan baku dan penolong yang diimpor dari Tiongkok terhadap virus corona. Beliau mengatakan akan mengonfirmasi hal ini kepada Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

"Nanti saya konfirmasi ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto supaya mereka periksa semua barang impor yang masuk dari Tiongkok," kata Menperin Agus mengakhiri penjelasan.

Baca Juga: Ditakutkan Menyebar ke Depok, Dinas Kesehatan Segera Terbitkan Surat Edaran Bahaya Virus Corona

Virus corona merupakan virus jenis baru yang masih satu keluarga dengan SARS dan MERS. Virus ini dapat menyebabkan penyakit ringan sampai berat. Virus ini menjadi penyebab wabah Penumonia muncul di Tiongkok yang belum diketahui dengan jelas bagaimana penularannya.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x