Laju Pertumbuhan Ekonomi Menurun Akibat Virus Corona, Ridwan Kamil Minta Geser Impor Tiongkok ke Impor Regional

- 18 Februari 2020, 12:19 WIB
RIDWAN Kamil menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Kantor Perwakilan Banki Indonesia di Bandung, 18 Februari 2020.*/
RIDWAN Kamil menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Kantor Perwakilan Banki Indonesia di Bandung, 18 Februari 2020.*/ /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) di Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung pada Senin, 18 Februari 2020.

Salah satu pembahasan Rapim berisi evaluasi ekonomi makro Jawa Barat 2019 oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Barat.

Ridwan Kamil menyatakan akan mengganti sejumlah komoditas kebutuhan pokok yang biasanya di impor Tiongkok, kini menjadi impor regional atau pemasokan barang dari produk lokal yang dihasilkan dari provinsi atau wilayah lain di Indonesia.

Baca Juga: Viral Video Nenek Dituduh Culik Anak hingga Dihakimi Warga, Berikut Faktanya 

"Yang selama ini banyak bergantung ke Tiongkok, kita geser mencari impor regional yang selama ini belum maksimal. Daripada impor keluar, lebih baik impor ke Sulawesi, Jatim, dan Sumatera," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang dikutip oleh Pikiranrakyat-depok.com dari Antara.

Ke depannya, Jawa Barat diharapkan bisa menjadi provinsi yang kuat dan tangguh terhadap terpaan dan guncangan ekonomi dunia dengan diberlakukannya impor regionl tersebut.

Terlebih, dengan mengganti sejumlah kebutuhan pokok yang diimpor dari Tiongkok, Jawa Barat juga bisa mengatasi krisis kesehatan masyarakat dengan menguatkan ekonomi regional.

Menurut paparan dari KPwBI, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Jawa Barat tahun 2019 menurun dari tahun lalu. Jika di tahun 2018 Jawa Barat mendapat LPE 5,66 persen, tahun ini Jawa Barat harus kehilangan 0,59 persen LPE menjadi 5, 07 persen.

Baca Juga: Wali Kota Depok Targetkan Penerapan Perda KTR di Kalangan Remaja 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x