Harga Bawang Putih Berangsur Turun, Kini Giliran Bawang Bombay Capai Rp 70 Ribu Per Kg di Bandung

- 2 Maret 2020, 13:29 WIB
ILUSTRASI Bawang Bombay.*
ILUSTRASI Bawang Bombay.* /PIXABAY/

PIKIRAN RAKYAT - Perubahan harga bawang putih di Tanah Air melonjak drastis, hal itu dipicu karena adanya kekhawatiran virus corona jenis baru virus corona yang melanda Wuhan, Tiongkok pada akhir bulan Januari 2020 lalu.

Sementara itu, Tiongkok merupakan negara tempat Indonesia bergantung untuk pasokan bawang putih.

Dikutip oleh Pikiranrakyat.depok.com dari Antara menurut pedagang sayuran di Pasar Induk Caringin, Bandung, Wawan mengatakan bahwa perubahan ini terjadi setelah kasus virus corona mewabah.

Baca Juga: 2 Warga Depok Positif Virus Corona, Ridwan Kamil: Saling Mendoakan agar Dijauhkan dari Marabahaya

“Karena sebagian besar bawang putih impornya dari China semua, dan akhir-akhir ini sudah masuk kiriman lagi, tapi ditahan dulu 28 hari dan dikarantina dulu, apakah ada virus atau engga,” kata Wawan menjelaskan.

Harga bawang putih di pasar tradisional kota Bandung berangsung turun dan saat ini berkisar Rp 35 ribu per kg, walaupun belum mencapai harga normal sebelumnya Rp 25 ribu per kg.

Wawan mengatakan harga bawang saat ini sudah mengalami penurunan.

Baca Juga: Virus Corona Resmi Masuk Indonesia, Serang Ibu dan Anak Warga Depok

"Pemasok sudah ada yang ngirim, tapi emang masih sedikit dan harga sudah turun. Harga bawang putih sebelum ini mencapai Rp48.000 per kg dan kini jadi Rp 35 ribu per kg. Tapi untuk harga normal Rp 25 ribu," ujarnya Wawan.

Saat ini menurutnya pedagang mulai menjual bawang putih sedikit-sedikit karena sebagai langkah untuk mengantisipasi bila terjadi perubahan harga mendadak yang sering terjadi.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x