Sambut Awal Pekan, IHSG dan Rupiah Masih Tunjukan Tren Pelemahannya Ditengah Pandemi Virus Corona

- 23 Maret 2020, 12:03 WIB
Seorang karyawan beraktivitas di dekat tayangan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Menyambut awal pekan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih menunjukan tren pelemahannya ditengah pandemi virus corona yang sedang melanda Indonesia saat ini.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Bursa Efek Indonesia (BEI) IHSG pada Senin, 23 Maret 2020 pagi dibuka melemah 148 poin atau 3,5 persen ke level 4.046,31.

Tercatat sebanyak 25 saham menguat, 156 saham melemah, dan 51 saham stagnan di awal sesi I.

Baca Juga: Sempat Dikategorikan Disinfomasi, Kominfo Resmi Cabut Hoaks Terkait Chloroquine Berpotensi Sembuhkan Pasien Corona

Adapun nilai transaksi pada sesi I mencapai Rp 106 miliar dari 109 juta lembar saham yang diperdagangkan.

Sementara itu, dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Antara, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada Senin, 23 Maret 2020 pagi turut dibuka melemah 415 poin atau 2,6 persen ke level Rp 16.375 per dollar AS dari yang sebelumnya masih pada level Rp 15.960 per dolar AS.

Salah satu upaya untuk menjaga stabilitas ekonomi dalam negeri termasuk nilai tukar rupiah, Bank Indonesia (BI) akan melakukan percepatan pemberlakuan ketentuan penggunaan rekening rupiah dalam negeri (Vostro) bagi investor asing.

Baca Juga: Wisma Atlet Jadi RS Darurat, Pemerintah Berharap Pemda Manfaatkan Fasilitas Daerah Untuk Rawat Pasien Corona

Dengan melakukan percepatan kebijakan tersebut, diharapkan dapat memberikan perlindungan nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing.

“Hal ini dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas bagi investor asing dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian ,” ujarnya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Antara. ***

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Bursa Efek Indonesia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X