KTT G20 Picu Ketegangan Amerika-Tiongkok Soal Asal Mula Virus Corona

- 27 Maret 2020, 08:35 WIB
ILUSTRASI ketegangan Amerika Serikat dan Tiongkok soal asal mula virus corona.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Semalam negara-negara yang tergabung dalam anggota G20 menggelar Konferensi Tingat Tinggi (KTT) Luar Biasa secara virtual.

Konferensi tersebut membahas upaya penanganan virus corona dan dampaknya bagi ekonomi serta sosial masyarakat dunia.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Kepala Negara Arab Saudi Raja Salman sebagai Presidensi atau pimpinan pada G20 tahun 2020 akan memimpin agenda tersebut.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara, Raja Salman mengajak para kepala negara G20 untuk memberikan sokongan dana terhadap pengembangan vaksin bagi penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus corona.

 

Selain itu, Raja Salman juga meminta upaya negara dunia untuk menormalisasi pergerakan barang dan jasa dan membantu negara-negara berkembang untuk mengatasi krisis sebagai dampak dari pandemik global.

“Kita harus bergerak secara efektif dan terus berkoordinasi dalam menghadapi pandemik global ini dan mengembalikan kepercayaan pada ekonomi dunia,” tutur Raja Salman.

Raja Salman juga mengatakan negara anggota G20 harus menstimulus sektor perdagangan dengan mengembalikan kepercayaan ekonomi global, salah satunya menormalkan kembali alur barang dan jasa terutama pasokan peralatan kesehatan.

Negara-negara G20 tengah menjadi sorotan karena dinilai lamban merespons ancaman krisis yang diprediksi akan memicu timbulnya resesi global.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X