Simak Mekanisme PLN Gratiskan Listrik 450 VA yang Dijanjikan Jokowi

- 2 April 2020, 21:50 WIB
ILUSTRASI listrik, PLN, gardu listrik.*
ILUSTRASI listrik, PLN, gardu listrik.* /PIXABAY/

PIKIRAN RAKYAT - Langkah Presiden Jokowi untuk merangkul masyarakat terdampak virus corona atau Covid-19 rasanya mulai menjadi nyata.

Usai Presiden mengumumkan listrik 450 VA akan gratis selama tiga bulan berturut-turut dan listrik 900 VA mendapatkan potongan 50 persen.

Pihak PLN pun langsung memberikan respons terhadap kebijakan tersebut dengan menyiapkan pelaksanaan teknis.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan konkret dalam upaya meringankan beban masyarakat akibat pandemi virus corona yang telah menewaskan ratusan orang di Tanah Air.

Baca Juga: Jokowi Siapkan 3 Skenario Mudik Idulfitri 2020 di Tengah Virus Corona 

Di Indonesia, pelanggan PLN 450 VA dan 900 VA ada dua jenis yakni yang memakai kWh meter pascabayar dan prabayar atau menggunakan token listrik. Keduanya akan sama-sama diberikan subsidi listrik oleh pemerintah.

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari situs PLN, mekanismenya untuk pascabayar akan dihitung sejak penggunaan listrik bulan April.

Pembebasan tagihan listrik akan diterima pelanggan pada setiap periode pembayaran yaitu di akhir atau awal bulan selanjutnya.

Sementara, subsidi listrik bagi pelanggan prabayar akan berupa pemberian token gratis dengan saldo sebesar pemakaian bulanan tertinggi sejak Januari, Februari, dan Maret 2020. Pemakaian tiga bulan terakhir.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x