BPNT Kartu Sembako: Pengertian, Jadwal Pencairan, dan Cara Cek Penerima

- 11 Mei 2022, 10:22 WIB
Ilustrasi - Simak penjelasan soal BPNT Kartu Sembako mulai dari pengertian, jadwal pencairan, hingga cara cek penerima.
Ilustrasi - Simak penjelasan soal BPNT Kartu Sembako mulai dari pengertian, jadwal pencairan, hingga cara cek penerima. /Dok. ANTARA.

PR DEPOK - BPNT Kartu Sembako akan terus disalurkan oleh pemerintah melalui Kemensos selama program tersebut masih berjalan.

Banyak masyarakat yang bertanya pengertian BPNT Kartu Sembako, jadwal pencairan, dan cara cek penerima.

Menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan mengulas tuntas apa itu BPNT Kartu Sembako, jadwal pencairan, serta cara cek penerima.

BPNT Kartu Sembako merupakan program bantuan pangan non-tunai dari pemerintah melalui Kemensos yang bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat miskin.

Baca Juga: Kepala Intelijen Nasional AS: Vladimir Putin Sedang Mempersiapkan Konflik Berkepanjangan di Ukraina

Sesuai namanya, BPNT Kartu Sembako yang cair kepada masyarakat miskin yang memenuhi syarat, tidak diberikan uang tunai, tetapi hanya bisa dipakai untuk membeli bahan pangan atau sembako seperti beras, telur, ayam, daging hingga buah di agen yang sebelumnya ditunjuk Kemensos atau bernama e-warong.

Terkait jadwal pencairan, perlu diketahui bahwa BPNT Kartu Sembako diberikan secara reguler tiap bulan dengan nominal bantuan Rp200.000 tiap Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Namun, terkadang pemerintah menyalurkan BPNT Kartu Sembako secara rapel seperti pada Januari lalu yang dirapel selama tiga bulan, terhitung Januari hingga Maret 2022.

Baca Juga: Apakah Bansos PKH Mei 2022 Sudah Cair? Cek Penerima Bantuan di cekbansos.kemensos.go.id

Berbeda dari penyaluran sebelumnya, tempat penyaluran BPNT Kartu Sembako pada rapel Januari hingga Maret 2022, dilakukan di Kantor Pos atau Kantor Kelurahan.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x