Resesi itu Apa? Simak Pengertiannya, Lengkap dengan Penyebab hingga Dampak jika Terjadi

- 28 September 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi resesi. Berikut penjelasan lengkap tentang resesi, mulai dari pengertian, penyebab, hingga dampak bila terjadi.
Ilustrasi resesi. Berikut penjelasan lengkap tentang resesi, mulai dari pengertian, penyebab, hingga dampak bila terjadi. /Pixabay.Elchinator.

PR DEPOK - Kata resesi beberapa waktu lalu sempat trending di Google karena dirumorkan Indonesia akan turut mengalaminya. Lantas apa itu resesi?

Secara sederhana resesi adalah sebagai suatu kondisi dimana perekomonian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif.

Pandemi Covid-19 yang muncul sejak tahun 2020 lalu pun merupakan salah satu pemicu terjadinya resesi di beberapa negara.

Bahkan, hal itu telah menyebabkan angka pengangguran dan jumlah penduduk miskin di berbagai negara juga alami peningkatan akibat lesunya perekonomian.

Baca Juga: Teja Paku Alam Pulih, Diyakini Bisa Bela Persib Bandung saat Duel dengan Persija Jakarta

Tentu tidak ada masyarakat yang berharap negaranya mengalami resesi, termasuk Indonesia. Namun tidak ada salahnya persiapkan diri jika skenario terburuk itu benar dirasakan.

Lantas apa saja hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan kondisi keuangan agar bisa meminimalisir dampak dari kemungkinan resesi tersebut?

1. Rumus Perencanaan Keuangan 10-20-30-40

Pastikan 20 persen dari yang digunakan untuk investasi dialokasikan untuk dana darurat pada instrumen yang sangat likuid dan disiplin mempersiapkannya.

Baca Juga: BLT Balita 2022 Masih Cair! Yuk Login Link Berikut agar Anak Usia Dini 0-6 Tahun Dapat Bansos Rp3 Juta

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x