Prosedur yang Rumit Jadi Alasan Serapan Anggaran Kesehatan Covid-19 Tak Maksimal

- 3 Juli 2020, 13:19 WIB
ILUSTRASI tenaga medis.*
ILUSTRASI tenaga medis.* /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar/

PR DEPOK - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan koordinasi dan sinergi bersama kementerian/lembaga terkait untuk mendorong penyerapan anggaran bidang kesehatan dalam rangka pemulihan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengatakan penyerapan anggaran untuk bidang kesehatan tidak maksimal karena terdapat kendala dalam proses administrasi.

“Ini masalah administrasi yang menurut kami bisa dikerjakan dan dipercepat. Mudah-mudahan dengan koordinasi yang lebih baik maka minggu-minggu ke depan kita lihat realisasi yang lebih bagus,” katanya seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Antara Jumat, 3 Juli 2020.

Baca Juga: Dobrak Batas Kecantikan, Model dengan Down Syndrom ini Hiasi Majalah Vogue Italia

Febrio menuturkan posisi Kemenkeu dalam hal ini adalah bertugas sebagai koordinator pembuatan program dari K/L terkait dan menyiapkan anggaran.

“Ketika budget nya sudah disiapkan pagunya maka K/L terkait lah yang akan melakukan pelaksanaannya secara teknis di lapangan,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan realisasi di lapangan sangat bergantung pada efektivitas dari pelaksanaan teknis oleh K/L terkait sehingga Kemenkeu dapat membantu dari sisi memastikan anggaran siap untuk digunakan.

Baca Juga: Bayi Kembar yang Baru Lahir Ini Dianiaya hingga Tewas oleh Anjing Peliharaan Orang Tuanya

“Kemenkeu stand ready dengan budget dan permintaan DIPA,” ujarnya.

Sementara itu Febrio menyatakan dengan peningkatan koordinasi dan sinergi maka Kemenkeu berusaha memberikan saran kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar proses dan prosedur dapat lebih disederhanakan.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x