Kapan PKH, BPNT, dan BLT BBM Cair Lagi? Ini Jadwal dan Cara Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

- 18 November 2022, 22:00 WIB
Ilustrasi – Simak syarat dan cara cek penerima BLT PKH, hingga BLT BBM.
Ilustrasi – Simak syarat dan cara cek penerima BLT PKH, hingga BLT BBM. //Instagram.com/@bank_indonesia/

PR DEPOK – Kapan PKH, BPNT, dan BLT BBM cair? Itulah salah satu pertanyaan yang muncul di kalangan para penerima manfaat bansos menjelang akhir November 2022.

Maka dari itu simak pada artikel ini, jadwal dan cara cek penerima PKH, BPNT, dan BLT BBM secara online lewat Hp di situs cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, pemerintah RI saat ini masih menyalurkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, atas dasar syarat tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Bansos Permakanan? Simak Syarat, Bentuk Bantuan, Penerima, hingga Proses Penyaluran di Sini

Syarat tertentu di sini maksudnya adalah sejumlah bansos seperti PKH, BPNT, dan BLT BBM mempunyai persyaratan khusus yang hanya dimiliki oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penerima bantuan tercatat di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos yang proses pendaftarannya dilakukan secara ketat.

Masyarakat yang merasa butuh (miskin) ataupun rentan miskin akan dimintai keterangan langsung dari RT/RW setempat, kemudian ditelusuri juga oleh dinas sosial terkait di wilayah penerima.

Baca Juga: Kharisma Jati Ramai Diperbincangkan Netizen Usai Tweetnya Perihal Foto Ibu Negara Viral, Tulis Surat Terbuka

Setelah itu, data yang telah dikumpulkan juga nantinya akan dimusyawarahkan dan divalidasi apakah peserta tersebut layak menjadi penerima bansos seperti PKH, BPNT, ataupun BLT BBM.

Halaman:

Editor: Dini Novianti Rahayu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x