Meningkatnya Pandemi Virus Corona di AS, Harga Minyak Dunia Kembali Melemah

- 10 Juli 2020, 10:50 WIB
Ilustrasi mengeboran minyak.
Ilustrasi mengeboran minyak. /PIXABAY/

PR DEPOK – Harga minyak dunia kembali mengalami penurunan yang disebabkan oleh sejumlah faktor.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari Antara harga minyak mentah jenis Brent misalnya untuk pengiriman September melemah 94 sen atau 2,2 persen ke level 42,35 dollar AS per barel di London ICE Futures Exchange pada akhir perdagangan Kamis, 9 Juli 2020 waktu setempat atau Jumat, 10 Juli 2020 WIB pagi.

Sementara itu, minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus turut mengalami penurunan 1,28 dollar AS atau 3,1 persen ke level 39,62 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange pada sesi perdagangan yang sama.

Baca Juga: Beda dengan Idulfitri, Pemerintah Tidak Melarang Mudik Iduladha Meski Kasus Covid-19 Melonjak

Berdasarkan laporan yang dirilis dari Antara pelemahan terhadap harga minyak dunia hari ini disebabkan oleh kekhawatiran investor bahwa penguncian baru untuk menahan penyebaran virus corona di Amerika Serikat (AS) akan kembali menurunkan konsumsi bahan bakar.

"Karena AS, Brasil dan negara-negara lain terus dihantam oleh Covid-19, permintaan dipertaruhkan," ujar Analis Pasar Minyak di Rystd Energy, Louise Dickson.

Menurut analis Reuters, Amerika Serikat melaporkan lebih dari 60.000 kasus baru virus corona pada Rabu, 8 Juli 2020, jumlah tersebut merupakan peningkatan terbesar dalam satu hari.

Baca Juga: Kesal Ada Menterinya yang WFH Tapi Seperti Cuti Kerja, PAN: Wajar Jokowi Marah, Harunya Kerja Keras

Kasus virus corona telah meningkat di 42 negara dari 50 negara bagian AS selama dua pekan terakhir.

Sementara itu salah satu anggota negara Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yakni Libya meningkatkan kapasitas produksinya.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x