Mau Dapat PKH, BPNT atau PBI JK? Segera Cek Daftar Nama Penerima Bansos 2023 di Link Berikut

- 24 Januari 2023, 18:04 WIB
Ilustrasi - Yuk cek daftar nama penerima bansos 2023 online lewat link cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT atau PBI JK.
Ilustrasi - Yuk cek daftar nama penerima bansos 2023 online lewat link cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT atau PBI JK. /ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

PR DEPOK - Mau dapat bantuan PKH, BPNT hingga PBI JK dari pemerintah? segera cek daftar nama penerima bansos 2023 secara online di laman cekbansos.kemensos.go.id. 

Sebab melalui laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) yakni cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat akan memperoleh informasi nama penerima bansos 2023 dari mulai Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK). 

Bansos PKH, BPNT dan PBI JK itu sendiri merupakan bantuan yang diberikan Kemensos kepada keluarga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Ketiga bansos tersebut akan segera disalurkan oleh Kemensos untuk periode 2023 dengan besaran bantuan dari mulai Rp2,4 juta hingga Rp3 juta setahun. 

Baca Juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Bansos 2023 Online Pakai KTP

Namun perlu diketahui, terdapat perbedaan kebijakan antara bansos PKH, BPNT dan PBI JK, baik dari segi penyaluran hingga waktu pencairan. 

Khusus untuk PBI JK, Kemensos tidak menyalurkan bansos ini dalam bentuk uang tunai, melainkan memberikan iurannya langsung ke BPJS Kesehatan untuk membantu meringankan biaya pengobatan keluarga miskin. 

Sedangkan untuk PKH dan BPNT, bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai dengan besaran yang berbeda-beda sesuai kategori. 

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT Ibu Hamil Januari 2023, Buka Link Ini dan Dapatkan Bansos Rp3 Juta

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x