Cara Cek Bansos Kemensos 2023 Online Pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id

- 27 Januari 2023, 14:01 WIB
Ilustrasi - Berikut cara cek bansos Kemensos 2023 online pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT dan PBI JK.
Ilustrasi - Berikut cara cek bansos Kemensos 2023 online pakai KTP di cekbansos.kemensos.go.id untuk dapat bantuan PKH, BPNT dan PBI JK. /ANTARA.

PR DEPOK - Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyediakan beberapa program bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat kurang mampu, yang meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK). 

Menjelang pergantian bulan, Kemensos siap menyalurkan bansos PKH, BPNT dan PBI JK tersebut untuk periode 2023 kepada keluarga yang telah memenuhi syarat.

Bagi yang belum mengetahui sudah terdaftar atau belum sebagai penerima salah satu bantuan, simak cara cek bansos Kemensos 2023 tersebut secara online melalui cekbansos.kemensos.go.id dalam artikel ini. 

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam melakukan cara cek bansos Kemensos 2023 adalah dengan menyiapkan perangkat handphone (HP)koneksi internet dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga: Cek Nama Penerima Bansos Kemensos 2023 di cekbansos.kemensos.go.id, Cukup Siapkan Berkas Ini!

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa bansos PKH dan BPNT disalurkan dalam bentuk uang tunai dengan nominal yang berbeda-beda mengikuti ketentuan. 

Sementara untuk bansos PBI JK, penerima tidak akan mendapat bantuan dalam bentuk uang tunai lantaran Kemensos langsung membayarkannya ke BPJS Kesehatan. Dengan kata lain, penerima PBI JK dapat menikmati bantuan ini dalam bentuk pembiayaan berobat secara gratis. 

Ketiga bansos dari Kemensos tersebut sama-sama diberikan kepada keluarga miskin atau rentan miskin yang sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Baca Juga: Cara Cek Penerima PIP 2023 Lewat HP di pip.kemdikbud.go.id

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x