Cara Daftar DTKS Kemensos 2023 Online Pakai KK dan KTP Lewat HP

- 28 Januari 2023, 14:36 WIB
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS Kemensos 2023 online pakai KK dan KTP lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat PKH atau BPNT dari pemerintah.
Ilustrasi - Berikut cara daftar DTKS Kemensos 2023 online pakai KK dan KTP lewat HP di aplikasi Cek Bansos agar dapat PKH atau BPNT dari pemerintah. /Tangkapan layar YouTube Kemensos RI

PR DEPOK - Menjelang pencairan bansos PKH dan BPNT 2023, masyarakat masih bisa melakukan pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos secara mandiri. 

Pendaftaran DTKS Kemensos 2023 ini dilakukan secara online dengan hanya memanfaatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjut cara daftar DTKS Kemensos 2023 online lewat handphone (HP) di aplikasi Cek Bansos. 

Dengan mendaftar di DTKS, masyarakat yang berhasil terdata akan memperoleh bansos dari Kemensos berupa PKH atau BPNT Kartu Sembako. 

Baca Juga: Login cekbansos.kemensos.go.id untuk Cek Penerima Bansos PKH dan BPNT 2023 Secara Online

Namun perlu diketahui bahwa DTKS itu sendiri merupakan database yang dijadikan rujukan oleh Kemensos dalam menyalurkan bantuan agar tepat sasaran. 

Masyarakat yang terdaftar di DTKS Kemensos adalah mereka yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin, yang membutuhkan bansos. 

Jika sebelumnya pendaftaran bansos dilakukan secara manual melalui bantuan RT atau kelurahan, kini masyarakat dapat mendaftar secara mandiri. 

Baca Juga: Bansos PKH 2023 Kapan Cair? Simak Jawabannya dan Akses Link Ini untuk Dapat Bantuan Tahap 1

Halaman:

Editor: Wulandari Noor

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x