Simak Keunggulan Masing-Masing KUR, Mulai dari BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Syarat Pengajuannya

- 18 Februari 2023, 20:33 WIB
Berikut ini keunggulan dan syarat pengajuan masing-masing KUR, mulai dari BNI, BRI, dan Bank Mandiri.*
Berikut ini keunggulan dan syarat pengajuan masing-masing KUR, mulai dari BNI, BRI, dan Bank Mandiri.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PR DEPOK - Sejak awal diluncurkannya pada 2007, Kredit Usaha Rakyat (KUR) bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Program KUR dalam bentuk subsidi yang diberikan oleh Pemerintah.

 

Subsidi yang dimaksud berupa imbal jasa penjaminan yang dibayarkan kepada Perusahaan Penjamin dalam rangka kegiatan usaha penjaminan. Dana Imbal Jasa Penjaminan KUR dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan atau APBN-Perubahan.

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) diluncurkan tepatnya pada November 2007, dengan dilandasi atas keluarnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007. Program ini bertujuan untuk memperluas akses Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah agar dapat menikmati kredit perbankan serta meningkatkan produksi pada sektor riil dan pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Untuk diketahui bahwa, peran UMKM di Indonesia sangat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi, terutama dalam menciptakan lapangan kerja, serta mengurangi angka pengangguran dan juga kemiskinan. UMKM di negara berkembang seperti di Indonesia merupakan salah satu sektor unggulan yang dapat menopang perekonomian negara.

Baca Juga: 5 Jenis KUR Mandiri, Dorong UMKM Makin Produktif dan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Terdapat beberapa Lembaga Perbankan yang ditunjuk untuk mewujudkan tujuan mensejahterakan UMKM ini lewat Program KUR seperti BNI, BRI, dan juga Bank Mandiri.

Berikut keunggulan dari masing-masing bank yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk memberikan modal usaha lewat Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x