Covid-19 di Dunia Masih Merebak, Program Penempatan TKI ke Negara Lain Resmi Dibuka Kembali

- 30 Juli 2020, 21:22 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah membuka kembali program penempatan TKI ke berbagai negara. /DOK. Kemnaker

PR DEPOK - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) baru-baru ini mencabut Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 151 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Penempatan Pekerja Migran Indonesia.

Pencabutan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 151 Tahun 2020 itu dilakukan lantaran melihat kesiapan menyeluruh oleh pihak-pihak terkait.

Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara, Kamis 30 Juli 2020, dengan pencabutan tersebut Pemerintah Pusat melalui Kemenaker secara resmi kembali membuka penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke negara-negara lain yang akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Jelang Pilkada 2020, KPU: Pasien Positif Covid-19 yang Dirawat di RS Punya Hak Sama untuk Memilih 

Keputusan tersebut ditempuh setelah terbitnya Keputusan Menteri Ketenagakerjaan yang baru Nomor 294 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang ditandatangani oleh Menaker Ida Fauziyah pada Rabu 29 Juli 2020.

loading...

"Kami memandang perlu untuk membuka kembali kesempatan bagi calon pekerja migran Indonesia (CPMI) untuk dapat bekerja kembali di negara tujuan penempatan," ucap Ida Fauziyah.

Kembali diizinkannya TKI bekerja ke negara-negara lain, dikatakan Ida Fauziyah, tentu dengan mengedepankan prinsip perlindungan hak-hak pekerja serta protokol kesehatan.

"Setelah semuanya dirasa siap, baik negara penempatan maupun daerah tempat CPMI berasal baru kemudian kami lakukan pembukaan kembali," kata dia.

Baca Juga: Terinsipirasi oleh IU, Kim Heechul Laporkan Ribuan Komentar Jahat Haters ke Pihak Kepolisian 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

Bagikan Berita

Bersuara dengan Beretika

14 Agustus 2020, 20:19 WIB
X