BLT BPNT Cair Rp400.000 dan PKH Rp750.000, Cek Penerima Bansos Pakai HP dan KTP di Sini

- 22 Maret 2023, 22:10 WIB
Berikut ini merupakan informasi terkait cara cek penerima bansos BPNT dan PKH, secara online pakai KTP.
Berikut ini merupakan informasi terkait cara cek penerima bansos BPNT dan PKH, secara online pakai KTP. /ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/

PR DEPOK – Kementerian Sosial (Kemensos) tengah menyalurkan dana bansos BPNT dan PKH kepada penerima yang memenuhi syarat. Masyarakat dapat mengetahui apakah termasuk salah satu penerima dengan melakukan pengecekan menggunakan HP dan KTP.

Sebagai bansos regular untuk masyarakat prasejahtera, Kemensos telah menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT sebesar Rp400.000 dan Program Keluarga Harapan (PKH) hingga Rp750.000. Dana BPNT dan PKH tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan KPM.

Maka dari itu, segera pastikan apakah Anda termasuk salah satu penerima BPNT dan PKH. Pengecekannya mudah dilakukan karena hanya menggunakan HP dan KTP.

Lantas, bagaimana cara cek penerima bansos BPNT dan PKH tahun 2023 menggunakan HP dan KTP? Simak informasi lengkapnya pada akhir artikel ini.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Ramadhan 2023 Sebulan Penuh, Lengkap dengan Waktunya

BPNT dan PKH 2023 Mulai Cair

Awalnya, BPNT merupakan bantuan dana dari Kemensos yang wajib ditukarkan dengan sembako pada e-warong. Bansos BPNT disalurkan setiap bulan senilai Rp200.000 atau dalam setahun Rp2,4 juta.

Sementara itu, PKH disalurkan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri). Bansos PKH disalurkan kepada tujuh kategori KPM dengan besaran bantuan senilai Rp225.000 hingga Rp750.000 per tiga bulan dalam setahun.

Pada tahun 2023, skema penyaluran bansos BPNT dan PKH diubah oleh Kemensos. Penyaluran kedua bansos melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia dan semuanya dalam bentuk BLT.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x