Bansos PBI JK Cair Mei 2023? Simak Jadwal Penyaluran dan Cara Cek Penerima

- 12 Mei 2023, 18:26 WIB
Ilustrasi – Berikut ini merupakan informasi soal bansos PBI JK untuk Mei 2023, termasuk jadwal pencairan dan cara cek penerima.
Ilustrasi – Berikut ini merupakan informasi soal bansos PBI JK untuk Mei 2023, termasuk jadwal pencairan dan cara cek penerima. /Dok. Kemenkes/

PR DEPOK – Tahun 2023 ini, salah satu bansos yang masih terus disalurkan oleh pemerintah adalah PBI JK.

Berbeda dengan PKH ataupun BPNT, bansos PBI JK bukanlah berupa tunai melainkan uang yang langsung dibayarkan ke BPJS Kesehatan.

Pasalnya, PBI JK yang merupakan singkatan dari Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan ini dikhususkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

Diperuntukkan keluarga miskin dan tidak mempunyai penghasilan tetap, penerima bansos PBI JK bisa mendapatkan manfaat layanan pengobatan gratis dengan menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Baca Juga: Link Nonton dan Spoiler Dr Romantic 3 Episode 5 Tayang Malam Ini, Jin Man Ambil Alih Pusat Trauma Doldam

Yang perlu dicatat adalah bahwa penerima bansos PBI JK bisa menggunakan layanan Kesehatan gratis di fasilitas Kesehatan atau faskes tingkat pertama yang tertera di KIS.

Jika faskes yang tertera di KIS tidak bisa menangani, Anda akan diberikan rujukan ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Halaman:

Editor: Linda Agnesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x