Manfaatkan Pengesahan UU Ciptaker, Airlangga Ajak Pengusaha Jerman untuk Jadi Mitra Investasi

- 20 Oktober 2020, 13:21 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. //Dok.ekon.go.id

PR DEPOK - Pemerintah menekankan pentingnya penanganan dampak Pandemi Covid-19 dari aspek kesehatan, di samping secara simultan mendorong upaya pemulihan perekonomian.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada para peserta Asia-Pacific Conference of German Business (APK) secara daring di Jakarta Senin, 19 Oktober 2020.

APK merupakan pertemuan tahunan bagi perusahaan dan pelaku industri Jerman yang beroperasi di Kawasan Asia Pasifik.

Baca Juga: Cegah Ricuh, Mikrofon Donald Trump-Joe Biden Akan Dimatikan Bergilir Saat Debat Capres Kamis Nanti

Acara APK kali ini dilaksanakan secara digital sebagai platform dalam rangka menjaring dan mengkonsolidasi langkah dan upaya perusahaan Jerman di tengah Pandemi Covid-19.

"Indonesia telah mengambil langkah-langkah konkret, baik langkah kebijakan di bidang kesehatan maupun ekonomi, termasuk stimulus fiskal dan nonfiskal, dengan alokasi anggaran senilai 43 miliar dollar AS," kata Menko Airlangga seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari laman Kemenko Bidang Perekonomian.

Berbicara di sesi bertema 'Asia Pacific as a Motor for the World Economy', Airlangga mengungkapkan bahwa Indikator ekonomi terbaru Indonesia telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan, antara lain: Purchasing Managers Index (PMI) yang turun menjadi 28 poin sekitar Maret 2020, rebound menjadi 51 poin pada Agustus 2020.

Baca Juga: Sebagai Bentuk Penghormatan, Pemerintah Arab Saudi Resmikan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

Selain itu, konsumsi juga meningkat pada bulan Agustus (ke-10,1), dan Neraca perdagangan Indonesia surplus 5,4 miliar dollar AS selama semester I 2020.

Adapun hingga Agustus 2020, surplus tercatat sebesar 2,3 miliar dollar AS.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x