Punya Basic Pendidikan Psikologi, Deddy Corbuzier Beberkan 4 Dampak Negatif dari Ramalan Mbak You

- 19 Januari 2021, 20:24 WIB
Deddy Corbuzier. /Twitter/@corbuzier.

PR DEPOK ­– Ramalan Mbak You mengenai akan terjadinya kerusuhan, penjarahan, bahkan pelengseran presiden di tahun 2021, mendapat kritik dari berbagai pihak. Salah satunya dari pesulap dan presenter top Tanah Air, Deddy Corbuzier.

Melalui kanal Youtube miliknya, Deddy Corbuzier membongkar ramalan Mbak You melalui pendekatan ilmu psikologi.

Hal ini didasarkan dari latar belakang pendidikan Deddy sendiri, yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi.

Baca Juga: Sebut Zaman SBY RI Pernah Diramal Jadi Negara Gagal, HT: Pa SBY Kalem, tak Perlu Sampai ke Polisi

Deddy menjelaskan, bahwa dalam dunia psikologi ada teknik yang bernama cold reading. Teknik cold reading erat kaitannya dengan teknik meramal.

“Ada yang namanya cold reading. Artinya apa? Kita membahas sesuatu yang sebenarnya sudah bakal terjadi karena itu sebuah kebiasaan. Seperti misalnya, baca ramalan bintang. Ramalan bintang itu, kalau dibalik-balik ramalannya, ya semua orang merasa dirinya akan seperti itu,” ujar Deddy.

Deddy memberikan salah satu contoh penerapan teknik cold reading oleh seorang pesulap dan skeptik Kanada-Amerika Serikat yang dikenal akan tantangannya terhadap klaim paranormal dan ilmu semu, bernama James Rendi.

Baca Juga: Mobil Jokowi Terobos Banjir Kalsel, Husin Shihab Sindir SBY: Tuhan Suka Pemimpin Ini, Betul Gak Pak?

“James Rendi, itu orang yang pernah menipu NASA di Amerika, pernah melakukan sebuah percobaan. Jadi dia mengumpulkan beberapa murid di perkuliahan, di kelas. Lalu dia cek namanya, tanggal lahirnya, semuanya. Lalu diberikan ramalana satu-satu. Setelah itu disuruh baca. Dan ketika mereka baca, wah ternyata benar. Lalu James berkata, siapa yang merasa itu benar, lalu semua pada tunjuk jari. Setelah itu James bilang, oke sekarang tuker ke orang sebelah Anda. Dituker ramalan tersebut ke orang di sebelahnya, dan kaget mereka itu semua. Tahu kenapa? Karena sebenernya isinya sama,” katanya.

Halaman:

Editor: Ramadhan Dwi Waluya

Sumber: Youtube Deddy Corbuzier


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X