Simak Tips Ampuh Diet Ala Ivan Gunawan

- 14 Oktober 2021, 13:15 WIB
Ivan Gunawan.
Ivan Gunawan. /Tangkapan layar Instagram @ivan-gunawan/

PR DEPOK - Sosok Ivan Gunawan kini tengah viral karena telah berhasil menurunkan berat badannya dalam jangka waktu beberapa bulan.

Usaha keras yang telah dilakukan Ivan Gunawan selama dietnya untuk menurunkan berat badan tidaklah mudah, sehingga ketika dia berhasil, netizen pun banyak yang mengapresiasinya.
 
Selain itu, hal tersebut menimbulkan sebuah pertanyaan di benak netizen, bagaimana tips diet Ivan Gunawan yang terbukti berhasil menurunkan berat badannya.
 
 
Ivan Gunawan pun tak jarang memberikan beberapa tipsnya dalam menurunkan berat badan.
 
Berat badan menjadi persoalan umum yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Tak jarang, banyak perdebatan yang terjadi perihal berat badan.
 
Berat badan seseorang sangat ditentukan dengan kebiasaannya sehari-hari, pola dan gaya hidupnya, jenis makanannya, pola istirahatnya, dan lain-lain.
 
Dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari berbagai sumber, berikut adalah tips-tips menurunkan berat badan ala Ivan Gunawan.
 
1. Kuatkan niat dan bentuk komitmen
 
Ivan Gunawan pernah mengatakan bahwa "kebanyakan orang gagal bukan karena kurangnya keinginan, tetapi karena kurangnya komitmen". Sejatinya, dalam program diet itu, keinginan saja tak cukup, tetapi diperlukan peranan yang sangat penting, yakni komitmen.
 
Seandainya telah berniat untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan, perlu juga diiringi dengan usaha dalam diet tersebut. Jangan hanya sekedar niat tetapi tidak mau melakukan usaha-usaha untuk menurunkan berat badan.
 
 
2. Lupakan berat badan
 
Tak sedikit orang yang terlalu terfokus pada berat badannya setelah melakukan sedikit hal dalam program dietnya. Cobalah untuk lebih fokus pada kebiasaan-kebiasaan yang baru dalam program diet, sehingga hasil yang diraih akan lebih maksimal.
 
3. Kurangi bahkan hindari minuman dan makanan yang manis
 
Makanan atau minuman yang manis sangat berbahaya bagi tubuh. Karena hal tersebut dapat memicu kadar gula yang tinggi, yang mana akan banyak penyakit yang dapat ditimbulkan, salah satunya yang paling umum yakni diabetes.
 
Ivan Gunawan pun mengaku sudah tidak pernah mengonsumsi minuman manis selama program dietnya, sehingga terbukti ia kini telah sukses menurunkan berat badannya. Presenter tersebut mengaku mengganti air manis yang biasa ia konsumsi dengan air putih dan air kelapa.
 
4. Perhatikan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh
 
Selain untuk kesehatan, kadar gula pun memiliki perannya dalam menurunkan berat badan. Ivan Gunawan pernah mengatakan dalam kanal YouTubenya, bahwa sebelum diet, ia memiliki kadae gula sebanyak 400, di mana itu termasuk tinggi dan sangat berbahaya. Tetapi, setelah beberapa bulan dia melakukan diet, kadar gulanya kini menjadi 80, yang mana termasuk normal.
 
 
5. Biasakan untuk berolahraga
 
Ini merupakan sebuah tantangan bagi yang akan melakukan diet, terlebih bagi seseorang yang jarang berolahraga. Tetapi jangan khawatir, terdapat beberapa gerakan sederhana yang dapat dilakukan apabila kondisi tidak memungkinkan untuk berolahraga, seperti berjalan di tempat selama beberapa menit, dan ketukan kaki untuk mengikuti irama musik.
 
Kembangkan satu atau dua kebiasaan seperti itu, dan maka kalori akan semakin banyak yang terbakar.
 
6. Perhatikan menu sarapan
 
Menu sarapan memiliki peran penting dalam usaha menurunkan berat badan. Ivan Gunawan pernah sesekali membagikan menu sarapannya, seperti salad, sayuran hijau, kentang, wortel, buah pisang, serta segelas air putih.
 
Buatlah menu makanan yang sehat dan memiliki banyak serat yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan.***

Editor: Adithya Nurcahyo

Sumber: The Healthy, Instagram @ivan_gunawan, YouTube Ivan Gunawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X