Cek Fakta: Tersiar Kabar Film Contagion asal Amerika Serikat Prediksi Wabah Pandemi Covid-19, Tinjau Kebenarannya

- 20 Maret 2020, 19:09 WIB
CUPLIKAN film Contagion (2011) yang diduga mirip penyebaran wabah Covid-19.*

PIKIRAN RAKYAT - Beberapa jenis film telah dikaitkan dengan penyebaran wabah virus corona yang kini menjadi pandemi global.

Salah satu film karya Warner Bros dari Amerika Serikat, Contagion (2011) yang dianggap memiliki kemiripan dengan penyebaran virus corona yang telah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia.

Faktanya kabar tersebut adalah sesuatu yang tidak mendasar meski film ini memiliki kemiripan dengan fenomena penyebaran wabah virus Covid-19 saat ini.

Kabar tersebut beredar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp dan beberapa channel YouTube.

Baca Juga: Turut Lawan Virus Corona, Enzy Storia dan Dion Sandhika Mulya Berencana Bantu Sejumlah 'Tulang Punggung' Keluarga ODP, PDP, dan Positif COVID-19

Film besutan sutradara Steven Sodenbergh merupakan jenis film fiksi ilmiah (Sci-Fi) yang telah ada sejak 9 tahun lalu dan sempat merajai box office pada waktunya.

Film ini menceritakan tentang virus mematikan yang menyebar lewat udara dan kemudian membunuh hanya dalam beberapa hari.

Berkaitan dengan wabah Covid-19, film ini memiliki kesamaan lokasi awal penyebaran virus yaitu di Tiongkok. Selain itu, di film ini juga ditampilkan dugaan awal virus pertama kali berasal yaitu dari kelelawar.

Film ini dibintangi oleh sejumlah artis kenamaan seperti Matt Damon, Gwneth Paltrow, Jude Law, Laurence Fishburne, dan Bryan Cranston.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: PBS News Hour


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X