AC Dinilai Mempercepat Penyebaran Covid-19, Ahli Angkat Bicara

- 20 Desember 2020, 11:33 WIB
ILUSTRASI Pendingin Ruangan / /Pixabay

PR DEPOK - Covid-19 atau virus corona hingga saat ini masih meningkat jumlah kasusnya setiap hari.

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus yang diduga ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir 2019 silam.

Kasus virus corona pada musim panas bulan lalu membuat orang di dalam ruangan mencari bantuan penggunaan Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan.

Baca Juga: Kerap Cemas saat Terima Informasi Soal Covid-19, Ini Kata Dokter Psikomatik

Namun beredar informasi yang tersebar bahwa AC berpotensi membantu penyebaran virus Corona lebih masif.

"Ada beberapa laporan bahwa mal, bar, klub sosial tertentu dengan pendingin udara, bahwa pendingin udara mungkin tidak membersihkan udara dari virus, hanya menyirkulasi udara dengan virus," kata Gubernur New York Andrew Cuomo dalam sebuah briefing sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-bekasi.com pada artikel yang berjudul AC Disebut Mempercepat Membantu Penyebaran Virus Corona, Benarkah?.

"Kami sedang mempelajari itu dan segera setelah kami mendapatkan informasi lebih lanjut, kami akan membuat keputusan berdasarkan informasi,” katanya.

Baca Juga: Sinopsis Kung Fu Cult Master, Aksi Jet Li Selamatkan Perguruan Milik Kakeknya

Namun para ahli mengatakan hanya ada sedikit bukti soal keterkaitan penggunaan AC dengan risiko penyebaran virus corona. Risiko ini lebih mungkin berasal dari jumlah waktu yang dihabiskan seseorang dalam ruangan saat berada dekat dengan orang lain.

"Pembukaan fasilitas dari sudut pandang saya dan saya pikir ini dibagikan oleh rekan-rekan, itu tidak tergantung pada AC, itu adalah soal berkumpulnya orang-orang untuk jangka waktu yang lama," kata Dr William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University Medical Center.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: PR BEKASI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X