3 Cara Menjaga Paru-Paru Tetap Kuat saat Beraktivitas Menggunakan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

- 20 Desember 2020, 11:42 WIB
Ilustrasi masyarakat disiplin memakai masker./ /Macau Photo Agency//Unsplash

PR DEPOK - Covid-19 atau virus corona saat ini masih melanda sebagian wilayah dunia.

Virus yang dapat menular lewat udara ini membuat setiap orang harus menggunakan masker untuk menjalani aktivitas sehari-harinya.

Penggunaan masker menjadi bagian dari protokol kesehatan yang paling digalakan pemerintah demi mencegah penularan virus corona terutama saat berada di tempat umum.

Baca Juga: AC Dinilai Mempercepat Penyebaran Covid-19, Ahli Angkat Bicara

Tetapi bagi sebagian orang, mengenakan masker dalam jangka waktu yang cukup lama bisa memberikan rasa tidak nyaman seperti sulit bernapas, terlebih jika memiliki penyakit pendahulu yang mengganggu sistem pernapasan.

Sebagaimana diberitakan oleh pikiranrakyat-karawang.com pada artikel yang berjudul 4 Cara Perkuat Paru-paru Agar Tak Alami Kesulitan Bernapas Saat Beraktivitas Menggunakan Masker, kondisi tersebut bisa terjadi akibat aktivitas pertukaran oksigen dan karbondioksida selama bernapas.

Kemungkinan besar karbondioksida akan terjebak saat seseorang berlama-lama menggunakan masker sehingga bisa memicu kondisi yang berbahaya bagi paru-paru.

Baca Juga: Kerap Cemas saat Terima Informasi Soal Covid-19, Ini Kata Dokter Psikomatik

Namun situasi yang berbahaya seperti itu hanya bisa muncul saat seseorang mengenakan masker yang terbilang ketat serta cukup lama waktu penggunaannya.

Meski begitu, munculnya risiko yang tidak diinginkan tersebut bisa dicegah dengan cara mengembangkan teloransi terhadap karbondioksida dengan memperkuat paru-paru.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: PR KARAWANG


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X