Amankah Pengidap Asam Lambung Menjalani Ibadah Puasa Selama Ramadhan? Berikut Penjelasan Pakar

- 16 April 2021, 17:02 WIB
Ilustrasi GERD.
Ilustrasi GERD. /mohamed_hassan/Pixabay

PR DEPOK – Ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban seluruh umat muslim.

Namun bagaimana dengan pengidap penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)?

Dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi) dari RSCM-FKUI Prof.Dr.dr. Ari Fahrial Syam menjelaskan bahwa para penderita asam lambung dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan aman.

Baca Juga: Utang Indonesia Kini Mencapai 422,6 Miliar Dolar AS, Dipicu Utang Luar Negeri Pemerintah dan Swasta

"Penderita penyakit asam lambung atau GERD tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman kok," ujar Prof.Dr.dr. Ari Fahrial Syam ketika dihubungi, pada Jumat 16 April 2021 sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Secara psikis, ibadah puasa terbukti dapat mengurangi atau meredakan rasa sakit dan tidak nyaman yang disebabkan oleh GERD karena puasa Ramadhan itu dilakukan sebagai ibadah.

Artinya ketika seorang pengidap asam lambung melakukan ibadah puasa, dia akan merasa dekat dengan Yang Maha Kuasa sehingga memberikan ketenangan bagi batinnya.

Baca Juga: Pos Indonesia dan Bank Anggota Himbara Masih Bagikan Bantuan Sosial Tunai Senilai Rp300.000 Sampai April 2021

"Batin yang tenang atau pengendalian diri menjadi salah satu proses penyembuhan bagi pasien yang memiliki masalah asam lambung dan GERD" kata Ari.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X