Apa Itu Puasa Enam Hari di Bulan Syawal? Simak Penjelasan Berikut

- 17 Mei 2021, 11:45 WIB
Ilustrasi beribadah.
Ilustrasi beribadah. /Utsman Media/Unsplash

PR DEPOK – Hari Raya Idul Fitri sudah memasuki hari keempat atau jika dilihat dari kalender Hijriyah maka sudah memasuki 4 Syawal 1442 H/ 17 Mei 2021.

Di bulan Syawal, terdapat satu amalan yang sebaiknya dilakukan umat muslim yakni berpuasa selama enam hari di bulan Syawal.

Puasa enam hari di bulan Syawal merupakan sunah mustahabbah yang bermakna bila dikerjakan mendapat pahala dan bila tidak dikerjakan tak akan mendapatkan dosa atau siksa.

Baca Juga: Biden Sebut Israel Punya Hak Pertahankan Diri, Ulil Abshar: Lebih Mendasar, Palestina Punya Hak untuk Hidup

Dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Sunnah Online, umat muslim di seluruh dunia sangat direkomendasikan melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal mengingat besarnya pahala yang didapatkan dari ibadah ini.

Siapapun yang berpuasa selama enam hari akan mendapatkan pahala seperti orang yang telah menunaikan ibadah puasa sepanjang tahun, sejalan dengan hadis yang disabdakan oleh Rasulullah Muhammad SAW berikut.

“Siapapun yang berpuasa Ramadhan dan mengikutinya selama enam hari Syawal, maka ia seolah-olah berpuasa seumur hidup” (Diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nisa’i dan Ibn Majah)

Baca Juga: Kim Jaejoong Ungkap Pengalaman Terburuk yang Dialaminya Akibat Penguntit Selama 12 Tahun

Para hanbali dan fuqaha Syafi’i mengungkapkan bahwa puasa enam hari di bulan Syawal setelah menunaikan puasa di bulan Ramadhan membuat seseorang seolah-olah telah berpuasa selama setahun penuh.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima Yawan

Sumber: Sunnah Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X