Musim Hujan Masih Terjadi, Virus Corona Diyakini Dapat Menular Lewat Gigitan Nyamuk, Simak Faktanya

- 25 Februari 2020, 13:12 WIB
Ilustrasi Nyamuk DBD.* /PIXABAY/

PIKIRAN RAKYAT - Penyebaran virus corona sangat mudah dan cepat sehingga virus ini telah menginfeksi hingga puluhan ribu orang, bahkan kasus kematian akibat virus ini masih ditemukan baik di dalam maupun di luar daratan Tiongkok.

Kabar hoaks pun terus beredar terkait medium penyebaran virus corona. Sebuah informasi di media sosial Facebook menyebutkan bahwa virus corona dapat menyebar melalui gigitan nyamuk.

Kabar simpang siur tersebut menyebutkan penyebarannya hampir sama seperti penyakit demam berdarah yang dilakukan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Dalam narasi disebutkan bahwa nyamuk yang menggigit orang yang terjangkit virus corona kemudian menggigit orang lain, maka virus dapat menjangkit orang tersebut.

Baca Juga: Proyek Sodetan Baru Setengah Jalan, Balai Sungai Ciliwung Masih Tunggu Keputusan Anies Baswedan 

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui situs resminya menjelaskan bahwa unggahan tersebut adalah hoaks.

Menurut World Health Organization Western Pacific melalui akun resminya, juga menegaskan bahwa virus corona tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Secara medis pun belum ada bukti yang kuat bahwa nyamuk memang menjadi perantara untuk menularkan virus mematikan tersebut.

Disebutkan pula bahwa secara umum virus corona tersebut menyebar melalui cairan dari seseorang yang terinfeksi seperti saat mereka batuk atau bersin.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X